Jumat, 28 November 2014

Tujuan Bahasa dalam Perkuliahan

Dalam matakuliah yang menjelaskan tentang bberapa aspek dalam bahasa memiliki arti dan tujuan agar dapat efektif disampaikan kepada mahasiswa

Secara sederhana, bahasa dapat diartikan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas di dalam hati. Namun, lebih jauh bahasa bahasa adalah alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi, dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan.

Ragam bahasa adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Berbeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. 

Ejaan adalah penggambaran bunyi bahasa (kata, kalimat, dsb) dengan kaidah tulisan (huruf) yang distandardisasikan dan mempunyai makna

Diksi adalah pemilihan kata – kata yang sesuai dengan apa yang hendak kita ungkapkan. Diksi  atau Plilihan kata mencakup pengertian kata – kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata – kata yang tepat atau menggunakan ungkapan – ungkapan, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. 

Alinea adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.   

Kerangka karangan adalah rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan ditulis, dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur.  

daftar pustaka merupakan daftar sejumlah buku acuan atau referensi yang menjadi bahan utama dalam suatu tulisan 

muncul pertanyaan apakah tujuan perkuliahan dapat dicapai dengan menguasai materi materi diatas?
jawabannya dalah tujuan perkuliahan dapat dicapai dikarenakan dengan materi materi diatas saling berhubungan, sebagai contoh adalah bahasa dan ejaan yang memiliki hubungan yang erat.


sumber:
http://dibustom.wordpress.com/2011/05/07/pengertian-bahasa-karakteristik-bahasa-dan-fungsi-bahasa-kajian-sosiolinguistik/
id.wikipedia.org/.../Ragam_baha... 
id.wikipedia.org/wiki/Ejaan
teorikux.blogspot.com/2013/10/diksi-pilihan-kata.htm
http://teorikux.blogspot.com/2013/10/diksi-pilihan-kata.html
http://kalimatefektif2013.blogspot.com/
mziadilmi.blogspot.com/.../pengertianstrukturtujuanm...
https://eziekim.wordpress.com/2010/11/14/kerangka-karangan/
rianboco.blogspot.com/.../pengertian-cara-membuat-d...    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar