Kamis, 30 April 2015

Resensi Novel I Heart Tokyo






1.         Identitas Buku

Judul Buku          :I Heart Tokyo
Pengarang           :Monica Tedja, dkk.
Penerbit               :Andi Yogyakarta
Tahun Terbit       :2014
Tempat Terbit     :Yogyakarta
Tebal Buku         :VI + 202 hlm.
Harga                  :Rp. 75.000.00
ISBN                   :978-979-29-4409-9







2.         Pendahuluan
               
            A.   Isi Novel
Novel ini berceritakan tentang persahabatan 2 orang yang berbeda negara, antara Indonesia dan Jepang. Novel ini berisikan perjuangan dan pertualangan Tomo bersama dengan Kokoro di negara Jepang. Novel ini dikemas dengan cerita cerita yang menghibur dengan mengandung unsur komedi, romantis, persahabatan dan pengatahuan. Sehingga buku ini sangat menarik untuk kita baca.           

B. Tujuan Penulis
Tujuan dari novel ini selain untuk menghibur, novel ini juga memberikan kita pengetahuan tentang banyak hal yang ada di negri Jepang.

C.Manfaat Novel
Novel karangan Monica Tedja, dkk. ini memberikan kita sebuah hiburan yang menarik dan juga memberikan informasi yang menurut kita masih awam soal negara Jepang.

D.Sasaran Pembaca
novel ini ditunjukan untuk masyarakat luas, khususnya untuk masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang negri Jepang.


3.         Tema Cerita
Novel ini bertemakan komedi persahabatan dan pengetahuan.


4.         Sinopsis Cerita
   Novel ini berceritakan tentang Tomo, seorang pria asal Indonesia yang memiliki teman facebook yang bernama Kokoro. Kokoro ini adalah seorang perepuan asal negri sakura yang baru saja menjomblo, Kokoro ini sangat menyukai penyanyi asal Jepang yang bernama LiSA. Saat kokoro sedang membaca potingan postingan yang ada difanpage LiSA, dia melihat sebuah postingan yang membuat dia tertarik, postingan itu bertuliskan "Tokyo, here i come. LisA hear me sing!". Kokoro tersenyum membaca post tersebut. Dia pun tertawa karena melihat nama akun facebook yang mempostingkan post tersebut, akun tersebut adalah milik Tomo. Suatu hari disaat Kokoro sedang melihat friend request facebooknya, dia melihat ada nama yang tidak asing untuknya. Dan benar, yang dia lihat adalah akun facebook milik Tomo. Tanpa berlama lama Kokoro pun langsung menerima permintaan pertemanan Tomo. Dari sinilah cerita ini dimulai.
      Dan akhirnya Tomo pun berangkat ke negri Jepang, sesampainya di sana dia langsung disambut oleh Kokoro. Pertemuan tersebut sangat membuat Tomo canggung, dia berkata biasanya dia hanya melihat Kokoro dari layar monitor saja, dan sekarang dia bisa bertatapan langsung dengan Kokoro. Tomo pun histeris karena melihat Kokoro yang  cantik sedang berada didepannya. Dikarenakan Tomo tidak bisa bahasa Jepang secara lancar, maka dia selalu membawa Yubisashi Guid Boo, Yubisashi Guid Book ini adalah sebuah kamus kecil yang sangat membantu komunikasi antara Tomo dan Kokoro selama di Jepang. Dari sinilah pertualangan Tomo dan Kokoro dimulai, mereka berdua pergi mengelilingi penjuru negri Jepang untuk mencoba hal hal yang baru bagi Tomo, dan juga mereka dapat bertemu dengan penyanyi favorit mereka yaitu LiSA.


5.          Kelebihan
        Kelebihan dari novel ini adalah novel ini menggunakan bahasa yang biasa kita gunakan sehari hari sehingga kita jadi lebih mudah mengikuti ceritanya. Selain kita terhibur dengan cerita yang menarik dan tingkah lucu dari Kokoro dan Tomo, kita juga mendapatkan banyak informasi mengenai hal hal dan tempat tempat menarik di negri Jepang. Setiap pembelian buku ini kita mendapatkan sebuah Yubisashi Guid Book, Yubisashi Guid Book ini adalah sebuah kamus kecil yang sangat mudah untuk kita mengerti dan kita pelajari sehingga kita dapat mengetahui banyak hal tentang Jepang.


6.         Kekurangan
        Dari penulisan dan bahasa sudah terbilang cukup baik, akan tetapi dari segi percetakan ada sedikit masalah. Masalahnya yaitu ada beberapa lembar halaman yang bagiannya masih menyatu, seperti lembar halaman 100-101 denggan 102-103 yang menyatu.


7.        Penutup
               
           A. Kesimpulan
    Novel ini sangat bagus dan direkomen dasikan untuk dibaca, karena selain menyajikan kisah pertualangan Tomo dan Kokoro di Jepang, disini juga kita bisa mengetahui arti dari cinta dan persahabatan yang sesungguhnya. Kita juga dapat mengetahui banyak hal yang ada di negri Jepang.

B.Penutup
        Novel ini sudah bagus, akan tetapi lebih bagus lagi jika novel ini tidak berhenti disini. Ada bagusnya dibuat lagi novel I Heart Tokyo ke 2. Dan saran yang kedua adalah mengenai harga, sebaiknya harga dari novel ini bisa lebih murah dari harga saat ini.

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar