Sabtu, 14 Maret 2015

Tugas Bahasa Indonesia 2 (Tulisan)

Nama: Ario Pidegso Thesa Putro
Kelas: 3KA38
NPM: 11112138

RPG Maker
            RPG maker adalah sebuah software yang dikembangkan untuk membuat sebuah game bergenre RPG, game RPG yang umum kita ketahui adalah game pertualangan. RPG Maker dikembangkan oleh perusahaan bernama Enterbrain yang berasal dari negeri Jepang, Game yang dibuat dengan menggunakan RPG Maker tidak hanya bisa dimainkan dikomputer saja, akan tetapi game yang dibuat dengan RPG Maker ini telah lebih dulu hadir di beberapa konsol game seperti super Nintendo, Playstation, dan Playstation 2. Beberapa game yang dibuat dengan menggunakan software RPG Maker ini adalah Final Fantasy 1-7, Pokemon dan masih banyak lagi yang lainnya
            RPG Maker sudah mengalami beberapa kali perkembangan, mulai dari RPG Maker 95, RPG Maker 2000, RPG Maker 2003, RPG Maker XP, dan RPG Maker VX, saya urutkan dari yang paling lebih dulu hadir. Masing – masing versi memiliki pengguna atau penggemarnya tersendiri, namun karena grafis dan fitur yang lebih disempurnakan maka RPG Maker VX menjadi seri yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini disebabkan karena pada seri ini kita sebagai pembuat game yang masih pemula sangat dimanjakan oleh software ini, dimanjakan dalam artian kita sangat dimudahkan untuk membuat game ini. Kita bisa membuat sebuah game RPG hanya dengan drop and drag dan sedikit memberikan scrip untuk event yang akan terjadi pada game yang kita buat.
            Pada software ini kita bisa menggunakan scrip yang sudah disediakan oleh RPG Maker, ataupun kita bisa membuat scrip sendiri pada game yang kita buat. Scrip ini digunakan sama seperti sebuah code program yang dibuat dalam sebuah aplikasi. Pada RPG maker juga kita bisa membuat tampilan sendiri seperti peta, tampilan kota, karakter, bahkan animasi yang kita ingin masukan dalam game ini bisa kita buat dengan mudah dengan software ini.
            Memang RPG Maker ini sangat memudahkan kita untuk membuat sebuah game RPG, tapi software ini juga memiliki kelemahan dibandingkan dengan game maker lainnya, kelemahannya seperti:
  •   Dibandingkan dengan game maker lain seperti Unity/Crisis, RPG maker hanya bisa membuat game dengan tampilan 2D.
  •   Pada saat dicompile, game ini akan memiliki size yang cukup besar. Sitem compile pada RPG maker ada 2 jenis, yang menggunakan RTP dan tidak menggunakan RTP. RTP ini merupakan sebuah file yang berisikan item item seperti peta, backsound dan lainnya yang ada didalam game yang sudah kita buat. Jika kita mengcompile tanpa menggunakan RTP, maka game yang kita buat hanya bisa dimainkan oleh PC yang sudah memiliki RPG Maker. Hal ini dikarenakan jika kita sudah memiliki RPG Maker pada PC kita, secara langsung pada PC kita sudah memiliki RTP. Dan jika kita memilih dengan menggunakan RTP maka game yang kita buat bisa dimainkan diPC mana saja.
  • Hasil compile yang tanpa menggunakan RTP sangat besar, minimal mencapai 200M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar